Musholla Cinere mall Jkt Berikut data Konjungsi Bulan Baru (New Moon) untuk bulan Ramadhan 1430 H, dari berbagai sumber ternyata ada beberapa perbedaan:


http://www.exitjunction.com/script/script.jsp?val=658


http://www.ppcindo.com/show.js

NASA:
Aug 20 10:01 GMT

Program accurate Times
20/08/2009 10: 02 GMT

Program Navigator Light:
08/20/2009 11:36:30 GMT

Program starry Night:
20 Aug 2009 12:47:29 GMT

Program Stellarium:
20 Aug 2009 12:51:20 GMT

Data konjungsi dari NASA dan Program Accurate Times, bertepatan dengan Sunset di daerah pantai barat sulawesi dan Gorontalo, artinya sebelah barat daerah tersebut (yaitu Jawa, Kalimantan dan Sumatra) belum sunset, karena sunset dimulai dari daerah timur lebih dulu.

Artinya, bagi penganut kriteria Wujudul Hilal, maka daerah Jawa, Kalimantan dan sumatera “Hilal itu sudah wujud? dan mereka bisa mulai puasa besoknya (Jum’at, 21 agustus). sedangkan daerah Indonesia sebelah timur Sulawesi, yaitu Maluku dan Papua, belum bisa memulai awal puasa.

Kriteria Wujudul Hilal berbunyi;
“Jika setelah terjadi ijtimak, bulan terbenam setelah terbenamnya matahari maka malam itu ditetapkan sebagai awal bulan Hijriyah tanpa melihat berapapun sudut ketinggian bulan saat matahari terbenam.

Data lainnya, semua konjungsi terjadi sesudah sunset di seluruh wilayah Indonesia. Awal puasa Insya Allah lusa, yaitu sabtu, 22 agustus 2009.

Demikian perbedaan pendapat di kalangan penganut hisab murni dalam menghadapi data yang juga berbeda.

Sedangkan bagi penganut Ru?yatul Hilal, juga berdasarkan kriteria Danjon (Danjon Limit), kecil kemungkinan hilal bisa di ru?yat.

Akhirnya, Mari kita berdoa saja semoga sebelum tanggal 20 agustus tidak ada klaim telah melihat Hilal. sebab bisa memunculkan istilah baru dan merusak tatanan; Hilal Qobla Ijtima’ (Hilal sebelum konjungsi) 🙂

Ada koreksi silahkan..

Rujukan
1. http://eclipse.gsfc.nasa.gov
2. Program Accurate Times, http://www.jas.org.jo/accut.html
3. program Starry Night, http://www.starrynight.com
4. Program Stellarium, http://www.stellarium.com
5. Program Navigator Light, http://www.tecepe.com.br/nav
6. http://mmc-jogja.20m.com/rukyatulhilal


http://kumpulblogger.com/scahor.php?b=4050

http://www.ppcindo.com/show.js

http://pagead2.googlesyndication.com/pagead/show_ads.js