“This river move like a snake in the sun,
eyes of the snake rest under the sun,
and then to the moon does not move”

Teka-teki yang harus dipecahkan oleh D’Leh, tokoh utama dalam film 10.000 BC dalam rangka mencari para penculik warga suku-termasuk istri-nya.

Ketika rombongan hampir putus asa tersesat di gurun pasir, D’Leh berhasil memecahkan teka-teki tersebut setelah melihat Moon di kejauhan yang menurutnya “does not move“. Akhirnya rombongan melanjutkan perjalanan mengikuti arah Moon. Masuk akalkah?
Teka-teki tersebut seharusnya ada tambahan kalimat: Kapan waktu melihat Moon?
sebab Moon senantiasa bergerak dari timur ke barat. Bila setelah senja Moon tampak di timur, maka beberapa jam kemudian akan tenggelam di barat. Jadi rombongan D’Leh ini perjalanannya akan melenceng ke barat. Makin bingung ketika Moon tenggelam 😛 .

Sang Pemburu
Kedatangan sang penghancur kerajaan “Tuhan” (D’leh) diramalkan dari bekas luka cambuk di tangan Evolet (istri D’leh). Bekas luka ini sedemikian rupa sehingga mirip susunan rasi bintang Orion, yaitu rasi yang melambangkan sang Pemburu. Rasi ini memang sangat cantik sehingga paling mudah untuk dikenali dibandingkan dengan rasi yang lain seperti Phoenix, Bootes atau yang lainnya.
Berikut ini adalah screenshot adegannya:

Gambar sudah jelas menunjukkan orang ini menengadah ke langit barat daya. Bila di asumsikan saat itu kira-kira jam 10 malam maka kejadian ini sekitar bulan Februari-Maret (kaidah kalender Masehi sekarang)

Genghis Khun