Jaman Dahulu Kala (yaitu jaman sepur lempung..), bila bosan dengan tampilan desktop Windows yang itu-itu saja bisa menggunakan program-program “pemanis” desktop. Sebut saja yang terkenal, kalau tidak salah; Window Blind. Walaupun sampai sekarang penulis belum pernah menggunakan program ini dan dulu hanya sebatas mengamati karena belum ngerti komputer.
“Wah kok bisa ya tampilan komputernya lain-lain?” demikian pikiran polos saat itu.

Sekarang, setelah banyak sistem operasi merajalela & makin user Friendly, contohnya Linux & distro-distronya,
Seharusnya kecenderungan untuk “mengatasi tampilan desktop yang membosankan” mulai berubah cara pandang, yaitu dengan mengganti sistem operasi! atau banyak sistem operasi dalam satu komputer!(Multiple Operating System)
Yang perlu ditekankan di sini hanya partisi khusus untuk pengamanan data. Misalnya 5 partisi sebagai berikut:
C: alokasi 6 Gb untuk Windows XP
D: alokasi 12 Gb untuk Windows Vista
E: alokasi 3 Gb untuk Linux
F: alokasi 3 Gb untuk Linux/ OS lain
G: alokasi 1 Gb untuk SWAP
H: sisanya untuk DATA
Urutan instalasi sesuai abjad di atas.

Bila tulisan sebelumnya membahas keuntungan sistem Operasi Multipel terhadap serangan virus. Kali ini hanya mengupas dari sisi “mengatasi kebosanan”. Padahal selain itu kita bisa menjadi lebih bijak, misalnya pemilihan file dalam pembuatan program atau e-book, sebaiknya yang bisa diakses oleh sistem operasi kebanyakan. Dengan kata lain apa gunanya membuat program executable (.exe) diperkampungan Linux?? kecuali bertujuan melindungi hegemoni Microsoft?

Hampir tiap bulan penulis selalu memperbarui sistem operasi, disamping agar senantiasa Fresh seperti pemiliknya:). Juga agar Virus tak berkutik!
Capek donk instal program yang lain?
Ah masa? bukankah lebih suntuk nungguin scanning virus? lagipula berapa banyak sih yang diinstal, paling cuma OpenOffice.org, GIMP, Blender (animasi 3d) dan Foobar (audio player). Selebihnya Quick Time kalo lagi pengen nonton file2 3GP Indonesia hehe…
Seandainya cara ini banyak digunakan bukan tidak mungkin pembuat virus akan frustasi:P

Bulan ini penulis menggunakan sistem operasi XP, Vista dan Linux Ubuntu, juga sempat “mencicipi” OS SOLARIS milik Sun (sayang belum tahu membuat screenshotnya). Screenshot desktop komputer milik penulis bulan ini;
screenshot002.jpg
Vista
screenshot.jpg
Linux Ubuntu 7.10.

Ketiga sistemoperasi memakai background yang sama, standar milik…Linux Knoppix 5.1🙂
Lho? kok Knoppix-nya tidak diinstal sekalian?
Hehe.. bulan depan aja deh..:)
Demikian cara mengatasi desktop yang membosankan..

Genghis Khun