Bagi pengusaha rental komputer; pengetikan/ warnet, sistem billing merupakan masalah penting. Billing diperlukan terutama untuk mengatur lamanya pemakaian dan besar biaya yang dibebankan kepada pemakainya. Anda, yang sering ke rental/ warnet, pasti sudah terbiasa dengan tampilan billing: logo rental/ warnet, pilihan user (umum/ mahasiswa), login lalu ada kolom harga lamanya sewa.


Konon biaya pemesanan untuk membuat billing ini sangat mahal, ratusan hingga jutaan rupiah karena disesuaikan dengan “selera pemilik”. Dulu sewaktu penulis ngubek-ubek nyari program bajakannya didaerah depok dan mangga dua tidak membuahkan hasil. Kesimpulan sementara penulis, system billing lebih mahal daripada system operasinya (tentu saja yang bajakan)
Sewaktu googling dengan kata kunci “Cara pembuatan billing”, muncul beberapa artikel tentang pembuatan dengan Microsoft Excel…hmm kurang menarik, pikir penulis. Searching terus, penulis berhasil menemukan program Timestamp (freeware utk OS Windows dari www.syntap.com– ketersediaan untuk OS lain penulis tidak tahu). Nah ini baru menarik, program FREE! Free Billing System! walaupun hanya untuk OS Windows, karena kebanyakan program billing yang ditemui adalah shareware alias mbayar.
===============
Free bagi penulis sudah cukup, karena belum bisa bahasa pemrograman, padahal sebenarnya opensource, yaitu pembuatnya menyertakan kode-kode programnya, agar bisa diperbaiki/ dimodifikasi oleh anda para developers.
===============
Instalasi dilakukan di masing-masing komputer client, secara default (setting standart) program ini telah disetel dengan hitungan $25 per jam. Padahal yang kita inginkan adalah:
1. Nilai perjam disesuaikan rupiah, misalnya Rp.2000,- per jam
2. Timer langsung berjalan setelah program di buka
3. Program langsung bekerja setelah login (Bedakan dengan nomer 2 !) Program juga bekerja dibelakang layar atau minimize di system tray. Jadi pemakai nantinya tidak menyadari adanya billing.
4. Data pemakaian dapat di simpan & diakses dari Komputer pusat/ pengendali.

Menakjubkan! ternyata Timetamp bisa memenuhi ke-4 di atas.
1. Penyesuaian dengan Rupiah:
– Masuk Control Panel-nya Windows> Buka Regional & Language options. Regional Options: Standard & Format ubah menjadi: Indonesian
– Program Time stamp: Menu Tools > set default charge hourly rate atau klik tanda $. Isikan 2000.

2.Cara agar Timer-nya otomatis sewaktu program dibuka: Klik File> Preferences>
Bagian GUI Options : beri centang “Show tray icon” & “Start Timer Immediately when time stamp is loaded”
Pilihan “Clicking on Tray icon” ubah menjadi “Restore Time stamp screen”
Cara AutoRun; buat shortcut Timestamp dan isikan ke folder Startup yang terletak di:
C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup
Klik kanan shortcut > pilih properties > Ubah Run menjadi : minimize
Nah, sekarang program Timestamp & timernya akan berjalan otomatis sewaktu login.
Sedangkan untuk menyembunyikan tray-nya: klik kanan taskbar> properties.
Jendela properties> taskbar> centang “Hide inactive icons”, klik Customize:
Jendela Customize Notifications> Ubah Item Timestamp; dari “Hide when inactive” menjadi “Always Hide”> OK & Apply.
3. Cara agar data bisa disimpan otomatis & mudah diakses dari Komputer Pusat.
Klik File> Preferences>
Bagian File Options: centang “Automatically Open last saved project”,
“autosave every 5 minutes”(5 menit ubah menjadi 1 menit), dan
“use default directory for opening & saving project”, pilih tempat penyimpanan di directory yang sudah di sharing ke network, agar bisa dibuka di Komputer pusat/ pemantau.
Pengen mudahnya ya langsung saja melihat di komputer client yang baru saja dipakai. Toh, datanya otomatis tersimpan tiap 1 menit.
Langkah terakhir: Windows selalu dikondisikan LOG OFF, baik sebelum atau sesudah dipakai.
Namun demikian tetap saja harus selalu waspada terhadap kemungkinan timernya distop oleh pengguna tanpa sepengetahuan pengawas. Dengan Billing canggih pun penulis rasa bisa kecolongan oleh pengguna jahat, maka sebaiknya juga tetap memakai manual di kertas catatan. Tetapi sebagai program gratis & opensource, Timestamp telah mampu “memikat” penulis
Demikian keunggulan Time stamp. Perhitungannya pun akurat, misalnya

lama pakai 00:13:41 tertera biaya Rp. 456,67. Semoga bermanfaat;

Genghis Khun
nafanakhun@gmail.com

PS:
1. Penulis menyimpan data dengan nama file “MINIMIZE SAJA, KLIK TANDA (-) TRIMS”, dalam folder bernama “JANGAN DITUTUP YA” untuk menghindari kalau penyewa tidak sengaja mengklik di tray dan program terbuka.
2. Di File > Preference > GUI options > centang juga “Always start in Reduced Mode”
3. Di menu Tools> Set Project Title > isi dengan nama rentalnya, misal “PERSEWAAN KOMPUTER AMANAH”
Buatlah desktop Wallpaper yang berisi ucapan selamat datang dan tulisan “Setelah selesai Pemakaian mohon Komputer jangan dimatikan, cukup di Log Off saja, terima kasih”
timestamp.jpeg